Steganografi sebagai “kembaran” kriptografi….

Posted by Ae89 on Sabtu, 08 Mei 2010 | 2 komentar

Steganografi (steganography) berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis” sehingga dapat diartikan artinya “menulis (tulisan) terselubung”. Steganografi merupakan suatu metode untuk merahasiakan pesan rahasia di dalam file-file lain yang mengandung teks, image, bahkan suara tanpa menunjukkan ciri-ciri perubahan yang nyata atau terlihat dalam kualitas dan struktur dari file semula. Teknik ini meliputi banyak sekali metode komunikasi untuk menyembunyikan pesan rahasia. Metode ini termasuk secret ink, microdots, coding, digital signature, jalur tersembunyi dan komunikasi spektrum lebar. Tujuan dari steganografi adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan atau sebuah informasi. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi digital akhirnya banyak juga steganografi yang menggunakan modifikasi digital. Seperti dengan menggunakan GUI Matlab kita bisa membuat sebuah program yang bisa digunakan untuk fungsi steganografi, untuk menyembunyikan sebuah pesan rahasia, kunci dekripsi, password, ID, dll. Kebanyakan algoritma steganografi menggunakan sebuah kombinasi dari bidang teknik untuk menyembunyikan pesan rahasia dalam sebuah selubung file. Dalam prakteknya, steganografi digital kebanyakan diselesaikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain sehingga isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial. Covertext atau cover object merupakan istilah yang digunakan untuk media yang akan digunakan untuk menyamarkan pesan, plainteks sebagai pesan yang akan disembunyikan dalam media, dan stego object sebagai bentuk hasil akhir dari penyisipan pesan ke dalam cover object. Proses penyisipan merupakan proses untuk menyembunyikan pesan, sedangkan untuk mengetahui atau mengambil plainteksnya disebut ekstraksi. Format yang biasa digunakan sebagai cover object steganografi biasanya berupa :
  • Format image : bitmap (bmp), gif, pcx, jpeg, dll.
  • Format audio : wav, voc, mp3, dll.
  • Format lain : teks file, html, pdf, dll.
Contohnya dengan file gambar, kunci dapat disembunyikan dengan menyisipkannya pada bit rendah (LSB) dalam data pixel yang menyusun file gambar. Metode Least Significsnt Bit merupakan metode steganografi yang mudah dipahami.
Teknik steganografi dibandingkan dengan kriptografi memiliki keunggulan yaitu dengan steganografi keberadaan dari informasi yang disembunyikan tidak dapat dideteksi dengan mudah, dengan steganografi informasi disembunyikan sedemikian rupa sehingga menghilangkan kecurigaan. Sedangkan untuk kriptografi keberadaan dari informasi yang disembunyikan dengan jelas diketahui.