Magelang Regency on Nature

Posted by Ae89 on Sabtu, 08 Mei 2010 | 0 komentar

Sebenarnya kabupaten Magelang adalah wilayah yang sangat kaya akan keindahan alam. Bagaimana tidak, mulai dari ujung hingga ujung dikelilingi oleh serangkaian pegunungan.
candi-borobudur
Nah, bagi para pecinta alam, sebenarnya tak usah jauh-jauh untuk kesana kemari berpetualang. Cukup dengan mengunjungi Kabupaten Magelang saja, dua tiga pulau terlampaui. Dengan berkunjung ke Magelang, para pecinta alam dalam sekali routing akan bisa menikmati keanekaragaman perbukitan dan pegunungan di kota hijau nan sejuk ini. Bukan hanya itu, para wisatawan bisa pula mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Candi Borobudur, Taman Kyai Langgeng, dan tempat-tempat bersejarah pada zaman perang kemerdekaan dulu.
Bukan hanya itu, jika ada yang penasaran dengan wujud tumbuhan Nephentes (kantung semar), maka di Gunung Prau lah para pendaki bisa melihat sendiri wujudnya. Atau mungkin ingin tahu wujud bunga bangkai? Di perkebunan daerah kabupaten Magelang merupakan wilayah-wilayah yang masih mampu ditimbuhi oleh tumbuhan semacam ini. Sebagai contoh, di sekitar rumah penulis (saya) juga kadang tiba-tiba tumbuh bunga bangkai lho. Kalau bunga bangkai sudah tumbuh, maka terciumlah aroma khasnya^^…
Kata “Magelang” mempunyai arti tersendiri yang merepresentasikan karakteristik dari kabupaten yang satu ini. “Magelang” merupakan paduan dari kata “Maha= Besar (Big)” dan “Gelang = Perhiasan tangan (bracelet)”. Lalu, maksud dari paduan dua buah kata ini berarti adalah suatu wilayah yang dikelilingi oleh “gelang” yang dalam hal ini berarti pegunungan. Ketika berada di Magelang, para pengunjung bisa merasakan dan melihat sendiri bahwa daerah itu memang dikelilingi dengan pegunungan.
Inilah beberapa deretan pegunungan yang mengitari wilayah Magelang :
1. Pegunungan Menoreh
awandibukitmenoreh
2. Gunung Sumbing
G.sumbing
3. Gunung Sindoro
sindoro
4. Gunung Tidar
tidar
5. Gunung Merbabu
Merbabu_060831_selo
6. Gunung Telomoyo
telomoyo
7. Gunung Prau
Gunung Prau
8. Gunung banyak angkrem
bukit-menoreh(banyak angkrem)
9. Gunung Merapi
merapi4
10. Nephentes (kantung semar) di Gunung Prau
pitcher plant
kantung semar merah
11. Bunga Bangkai (Bunga Suweg) dan pohonnya.
bunga suweg
suweg 2