KRIPTOGRAFI

Posted by Ae89 on Sabtu, 08 Mei 2010 | 0 komentar

Tulisan ini sebenarnya penting untuk kalian yang concern terhadap masalah keamanan. Bagaimana tidak,kan kriptografi juga berhubungan erat dengan pengaman informasi. Inilah perkenalan awal mengenai kriptografi.
Saat ini penggunaan internet sebagai sarana pertukaran informasi memang sudah tak asing lagi bagi kita. Maraknya penggunaan internet ini menyebabkan munculnya masalah dalam keamanan pada media transmisinya.  Bukan hanya itu, bahkan terlahirlah para eavesdropper,hacker, cracker dan lainnya. maka salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan menerapkan kriptografi.
Apakah itu kriptografi ?
Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan ( menurut Bruce Schneier, Applied Cryptography). Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti confidentiality, data integrity, authentication, non-repudiation dan access control (Alfred J. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone – Handbook of Applied Cryptography).

  • Confidentiality (kerahasiaan), adalah layanan yang digunakan untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas untuk mengetahui informasi yang telah dienkripsi.

  • Data integrity, adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.

  • Authentication, berhubungan dengan pengidentifikasian, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui media transmisi harus diautentikasi keaslian, isi data, waktu pengiriman,dll .

  • Non-repudiation (nirpenyangkalan), merupakan usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman suatu informasi oleh pengirim pesan.