Introduction to Ubiquitous Network

Posted by Ae89 on Sabtu, 08 Mei 2010 | 0 komentar


Seiring berjalannya waktu, transformasi teknologi semakin berkembang. Semakin banyak perubahan dan kemudahan dalam setiap kegiatan manusia, hingga saat ini dikenal sebagai era ubiquitous network. Kali ini saya hanya berusaha untuk sedikit memperkenalkan istilah lama namun yang masih dianggap baru ini secara garis besarnya.
Ubiquitous network merupakan istilah untuk jaringan internet yang bisa diakses dimanapun, kapanpun  dan oleh siapapun dengan berbagai device yang berbeda-beda. Ubiquitous network ini memungkinkan bagi kita untuk berkomunikasi dengan multidevice, selain menggunakan komputer juga bisa menggunakan PDA, TV digital, Radio Frequency Identification (RFID) yang terembeed pada suatu objek dan sebagainya. Dengan ubiquitous network maka dimungkinkan setiap orang bisa melakukan kontrol dan perintah terhadap peralatan rumah tangga atau perusahaannya melalui jaringan secara otomatis. Misalnya kita bisa menyalakan lampu rumah via jaringan kantor atau tempat lain yang berbeda tanpa harus berada di rumah, untuk mengisi vending machine jika persediaan softdrink di dalamnya telah habis maka secara otomatis RFID yang tertempel pada vending machine akan mendeteksi hal tersebut dan mengirimkan permintaan pengisian kembali, dan sebagainya.
Di kawasan Asia, Jepang dan Singapore, ubiquitous ini sudah mampu diterapkan sejak lama. Jadi sekarang sudahlah jelas dan tak perlu asing lagi jika mendengar istilah ubiquitous network. Lalu bagaimana dengan pemikiran kita ke depannya jika ubiquitous network sudah bisa diterapkan secara luas? Siapa tahu dengan kemudahan ini semakin banyak timbul permasalahan yang terkait dengan serangan terhadap jaringan dan privasinya. Lalu mari kita pikirkan bagaimana cara pengamanan yang tepat. Mungkin bisa melalui pemanfaatan teknik-teknik kriptografi untuk diterapkan di dalam protokol jaringan, algoritma, device ataupun bagian-bagian lainnya.